Jenis-Jenis Animasi


   Dilihat dari teknik pembuatannya, animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3:

1. Stopmotion Animation


      Stopmotion animation sering pula disebut CLAY motion karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan CLAY (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Teknik stopmotion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa objek boneka atau yang lainnya yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesuitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.

Jenis-jenis animasi stopmotion
   1. Cut Out Animation
         Cut out animation menggunakan objek animasi yang dirancang, digambar pada lembar kertas lalu dipotong sesuai bentuk yang telah dibuat dan diletakkan pada bidang datar sebagai latar belakang.
   2. CLAY Animation
         Jenis ini menggunakan CLAY (tanah liat, tepung atau malam) sebagai objek yang digerakkan.
   3. PUPET Animation
         Objek pada jenis ini adalah boneka atau figur lainnya yang merupakan penyederhanaan dari bentuk alam.
   4. Pixi Lation Animation
         Adalah suatu teknik pemotretan dimana manusia berprilaku seperti boneka. Sama seperti stopmotion animation lainnya tetapi objeknya adalah manusia yang berprilaku seperti boneka.
   5. Object Animation
         Jenis animasi stopmotion yang menggunakan benda-benda (objek) sebagai poin utama.
   6. Grafik Animation
         Menggunakan gambar sebagai objek animasinya.

2. Traditional Animation (Animasi Tradisional)


      Traditional animation adalah teknik yang paling umum dikenal hingga saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertamakali dikembangkan. Traditional animation juga sering disebut CEL Celluloid Transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambarkan satu per satu di ata CEL.

3. Animasi Komputer

      Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakan "pemain" dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya dikerjakan dengan komputer.
   Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments

-Dilarang Menautkan Link Aktif
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik